Minggu, 08 Juli 2012

Penyebab Semut Rangrang Mati

Apakah semut rangrang anda juga pernah mati?. Apakah dalam jumlah kecil atau banyak?. Kalau jumlah besar perlu di cari penyebabnya. hemm....Trus apa penyebab semut rangrang mati? Pertanyaan yang di tujukan kepada mas bro dari Bapak Pur di surabaya. Terimakasih atas pertanyaan nya. Mas bro akan coba jawab di sini sesuai dengan pengalaman saya. Mas bro juga pernah begitu ketika pertama kali mencoba ternak semut rangrang. Koq banyak yang is dead. yup... karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman kita saja. Atau mungkin membiarkan  memberi makanan dan minuman seadanya yang tidak di sukai semut rangrang. Ada bebrapa faktor yang harus di perhatikan.


semut rangrang



Penyebab semut rangrang mati. ada 2 yaitu mati  bentuk badan masih lengkap dan mati terpotong ( badan tercerai berai)

Kalau matinya masih lengkap biasanya di sebabkan karena makanan dan minuman tidak terpenuhi, terlalu panas,lembab. Dan jika mati terpotong potong biasanya saling serang (perbedaan koloni). Di dalam satu koloni pun juga bisa saling tempur tetapi dalam skala kecil.

Sobat perhatikan faktor berikut:

1. Makanan
Perhatikan makanan semut rangrang, cukup terpenuhi.jangan terlambat terlalu lama. Tidak mengandung bahan racun / kimia

2. Minuman
Tidak asal memberi minuman dan jangan sampai terlambat bisa mati kering.

3. Suhu

Jangan terlalu panas suhu di toples dan sekitar tempat sarang toples apalagi terkena sinar matahari secara langsung seharian. Misalkan banyak embun di dalam toples dan  sarang sudah penuh. uji coba saya panaskan hanya hitungan menit mati semua. kayak orang barat dede kali ya...wkwkkw...

4. Udara

Perbanyak lubang udara di dalam toples

5.Koloni

Jangan mencampur langsung beda koloni ketika mendapatkan dari alam. Mati dalam jumlah kecil wajar.

6. Penyebab lain masih dalam penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar